(0411) 452653 | 08114450855 | admin[at]pta-makassarkota.go.id |   Jam Layanan & Fasilitas | Pengadilan Agama Sulselbar
idaren
PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Bupati Enrekang Buka Diskusi Hukum Wilayah II PTA Makassar

Enrekang | pta-makassarkota.go.id (10/06)

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Direktur Jendral Badan Peradilan Agama Nomor 1324/Dja/OT.01.1/IV/2019 tanggal 12 April 2019 perihal Diskusi Teknis Yustisial Pengadilan Tinggi Agama Makassar kembali melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Diskusi Hukum Wilayah II yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2022, pada perhelatan kali ini Pengadilan Agama Enrekang didaulat menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.

Acara Pembinaan dan Diskusi Hukum kali ini ditempatkan di Villa Bambapuang Bumi Massenrempulu Enrekang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku serta disiarkan live dari YouTube PA Sidrap diikuti oleh 5 (lima) Pengadilan Agama yang berada diwilayah II yaitu Pengadilan Agama Parepare, Pengadilan Agama Barru, Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, Pengadilan Agama Pinrang dan Pengadilan Agama Enrekang dengan peserta yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panmud/Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti yang berada di Wilayah II tersebut;

Acara terasa makin spesial dengan kehadiran Bupati Enrekang Bapak Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. dan Sekda beserta jajaran forkopimda, selain itu tampak beberapa Kepala OPD seperti Kadis Kominfo, Kepala BPBD, Kadisdukcapil dan lain-lain, Bupati Enrekang Muslimin Bando dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih dan merasa bangga atas dilaksanakannya diskusi hukum ini di wilayah Enrekang.

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar YM Dr. H. Mame Sadafal, M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa diskusi kali ini merupakan putaran keempat pada tahun ini dan menyampaikan ucapan Terima kasih  dan apresiasi atas kehadiran Bupati Enrekang, para forkopimda dan para kepala dinas di lingkungan Kabupaten Enrekang, bahwa pelaksanaan diskusi hukum ini merupakan salah satu implementasi 8 Program Prioritas Badan Peradilan Agama MA-RI terkait Peningkatan Kualitas SDM.

 

Dalam rangkaian kegiatan Diskusi Hukum Wilayah II PTA Makassar tersebut, dilakukan pula launching inovasi-inovasi Pengadilan Agama di wilayah II PTA Makassar yaitu :

1. Pengadilan Agama Parepare : SIAPJA dan AKSIPEDULI

2. Pengadilan Agama Pinrang : Si Belia Cokka, Pasti Cakep dan Gema Setia

3. Pengadilan Agama Barru : Mobile Court, Itaki Reso, Pelangi, Peduli dan Intermezzo

4. Pengadilan Agama Sidenreng Rappang : E-Ikrar, Panker, Cawiwi, Gulma, Pespo, Layanan Palekko, WAE dan Ruang Baca

5. Pengadilan Agama Enrekang : Ladangke dan siptsp

Dengan dilaunchingnya dua inovasi karya Pengadilan Agama Parepare diharapkan dapat memangkas birokrasi layanan dan masyarakat atau para pengguna inovasi menjadi semakin mendapatkan kemudahan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembinaan dan Diskusi Hukum baik masalah Teknis Yustisial maupun permasalahan administrasi perkara dan administrasi persidangan yang berkaitan dengan IT yang dipimpin oleh Moderator yaitu Wakil Ketua PA Barru. Pemakalah dari Pengadilan Agama Parepare serta Narasumber dari PTA Makassar yaitu Wakil Ketua YM. Dr. H. Mame Sadafal, M.H. serta Hakim Tinggi YM. Drs. H. Muhammad Hasbi, M.H. dan YM. Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H. dengan dibantu oleh Panitera Muda Banding H. Hasbi, S.H., M.H. dan Panitera Pengganti Muhammad Iqbal Yunus, S.H.I., M.H. Secara bergantian perwakilan dari masing-masing Pengadilan Agama mengajukan pertanyaan serta pendapat dalam pelaksanaan pembinaan dan diskusi hukum tersebut dan selanjutnya hasil rumusan tersebut kemudian akan menjadi pedoman kerja dilingkungan peradilan agama khususnya diwilayah II PTA Makassar. <iqbalyunus>

URL Singkat : https://pta-makassar.go.id/rwx

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2021
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2022

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
July 2022
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua

DR. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H.

Wakil Ketua

DR. H. Mame Sadafal, S.H., M. H.

Panitera

Drs. H. Muhammad Nur, M.H.

Sekretaris

Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.


"Curahkan Tenaga dan Pikiranmu Untuk Meningkatkan
Pelayanan Kepada Para Pencari Keadilan Demi Terwujudnya
Citra Lembaga Peradilan Agama Yang Berwibawa dan Dihormati." - Drs. H. M. Juzmi Hakim, SH.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready