(0411) 452653 | 08114450855 | admin[at]pta-makassarkota.go.id |   Jam Layanan & Fasilitas | Pengadilan Agama Sulselbar
idaren
PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Ekspos Hasil Pembinaan dan Pengawasan Hatiwasda Pengadilan Tinggi Agama Makassar di Pengadilan Agama Pasangkayu

Jum’at (01/07). Hakim Tinggi Pengawas Daerah (HATIWASDA) Pengadilan Tinggi Agama Makassar (PTA Makassar) melaksanakan rangkaian agenda Pembinaan dan Pengawasan terhadap Pengadilan Agama Mamuju Kelas IB dan Pengadilan Agama Pasangkayu Kelas II berdasarkan surat tugas PTA Makassar No. W20-A/1723/PS.00/VI/2022. Tim HATIWASDA yang terdiri dari YM. Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., (Hakim Tinggi) sebagai Ketua Tim, Hartanto, S.H., (Panitera Pengganti) sebagai Anggota dan Harun Aditama, S.H., (Analis Perkara Peradilan) sebagai Sekretaris Tim melakukan Pembinaan dan Pengawasan serta Ekspos di Pengadilan Agama Pasangkayu pada tanggal 30 Juni – 1 Juli 2022. Agenda tersebut dalam rangka melaksanakan salah satu fungsi PTA Makassar yakni Pembinaan dan Pengawasan terhadap pengadilan agama di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat.

Kedatangan tim HATIWASDA PTA Makassar tersebut disambut dengan hangat oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Panitera serta seluruh pegawai PA Pasangkayu. Setelah berbincang sejenak di ruangan Ketua PA Pasangkayu, kemudian mereka berkeliling untuk meninjau kondisi kantor PA Pasangkayu yang sedang dalam tahap renovasi. Setelah cukup memperhatikan kondisi seluruh ruangan, barulah tim HATIWASDA melaksanakan tugas pemeriksaan yang mencakup bidang Sekretariatan, Kepaniteraan, Pelayanan Publik hingga Administrasi Persidangan. Pada saat jeda istirahat, tim pemeriksa dan seluruh pegawai PA Pasangkayu melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah di ruang sidang PA Pasangkayu.

Kemudian rangkaian kegiatan pembinaan dan pengawasan dilanjutkan dengan agenda Ekspos hasil pemeriksaan yang bertempat di Ruang Sidang PA Pasangkayu. Acara dibuka oleh Ketua PA Pasangkayu YM. Amar Ma’ruf, S.Ag., M.H., dengan memberikan sedikit sambutan. YM. Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., melanjutkan acara dengan memberi apresiasi yang mendalam kepada PA Pasangkayu, beliau mengatakan meskipun merupakan satuan kerja terjauh di wilayah yurisdiksi PTA Makassar dan bangunan kantornya pun masih berstatus pinjam pakai dari Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, namun PA Pasangkayu mampu meraih banyak prestasi penghargaan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) dan dari tingkat banding.

Ekspos hasil pengawasan kemudian dilanjutkan oleh Harun Aditama, S.H., yang memaparkan tentang hasil evaluasi di bidang Keuangan, Kepegawaian, Umum dan Teknologi Informasi. Pemaparan selanjutnya diambil oleh Hartanto, S.H., yang mengevaluasi bidang Administrasi Perkara seperti Dokumen Putusan, BAS, Minutasi dan Kinerja Manajemen Pelayanan Publik, beliau juga tak lupa memberikan pujian atas perubahan yang telah terjadi di PA Pasangkayu sesuai dengan temuan Tim HATIWASDA pada tahun 2021 kemarin dan kebetulan beliau pula yang menjadi anggota tim HATIWASDA yang memeriksa PA Pasangkayu. Setelah itu, tak lupa YM. Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., memberikan pemaparan terkait Administrasi Persidangan. Secara garis besar, seluruh temuan yang didapatkan baik di bidang Kepaniteraan maupun Kesekretariatan hanyalah catatan-catatan kecil yang dapat diperbaiki dengan meningkatkan kedisiplinan para pegawai pada masing-masing bidang.

Setelah pemaparan dari seluruh tim pengawas berakhir, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) terhadap studi kasus yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh YM. Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H., Diskusi berlangsung lancar 2 kelompok saling melemparkan argumen dan sanggahan serta tanggapan dari tim pengawas. Rangkaian kegiatan pembinaan dan pengawasan pun selesai dilaksanakan, kemudian acara ditutup dengan mengabadikan momen dengan berfoto bersama Tim HATIWASDA dan Seluruh Pegawai PA Pasangkayu.

Sumber : Website Resmi PA Pasangkayu

URL Singkat : https://pta-makassar.go.id/r8h

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2021
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2022

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
November 2022
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua

DR. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H.

Wakil Ketua

Dr. Drs. Khaeril R, M.H.

Panitera

Drs. Musbir

Sekretaris

Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.


"Curahkan Tenaga dan Pikiranmu Untuk Meningkatkan
Pelayanan Kepada Para Pencari Keadilan Demi Terwujudnya
Citra Lembaga Peradilan Agama Yang Berwibawa dan Dihormati." - Drs. H. M. Juzmi Hakim, SH.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready