(0411) 452653 | 08114450855 | admin[at]pta-makassarkota.go.id |   Jam Layanan | Pengadilan Agama Sulselbar | PTA Makassar TV
idaren
PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Pembinaan dan Pengawasan Hakim Tinggi Pengawas Daerah PTA Makassar

Pasangkayu – Kamis, 08 April 2021

    Selasa 06 April 2021 Pengadilan Agama Pasangkayu mendapat kunjungan dari Tim HATIWASDA (Hakim Tinggi Pengawas Daerah) Pengadilan Tinggi Agama Makassar dalam rangka pembinaan dan pengawasan yang akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 07 - 08 April 2021. Perjalanan darat yang ditempuh selama kurang lebih 1 hari dari kota Makassar menuju Kabupaten Pasangkayu ini tak menyurutkan semangat Tim melanjutkan kegiatan yang merupakan agenda kerja rutin Pengadilan Tinggi Agama Makassar dalam rangka melaksanakan fungsinya di bidang pembinaan dan pengawasan terhadap pengadilan agama yang berada di bawahnya. Tim HATIWASDA tersebut terdiri dari Drs. Chaeruddin, S.H., M.H. (Hakim Tinggi) selaku ketua Tim, serta didampingi oleh Hartanto, S.H., (Panitera Pengganti) dan Muhammad Busyaeri, S.H., M.H., (Kepala Bagian Umum dan Keuangan). Pembinaan dan pengawasan ini juga merupakan kesempatan untuk memberikan masukan-masukan yang penting dan dapat mengevaluasi kinerja demi kemajuan Pengadilan Agama Pasangkayu sebagai satuan kerja dibawahnya.

  

      

Di hari pertama pemeriksaan, Tim HATIWASDA melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bagian. Ketua Tim Drs. Chaeruddin, S.H., M.H., melakukan pembinaan langsung terhadap para Hakim yang ada di Pengadilan Agama Pasangkayu, sedangkan Hartanto, S.H., (Anggota Tim) melakukan evaluasi dibidang kepaniteraan dan pelayanan publik. serta di lain tempat, Muhammad Busyaeri, S.H., M.H., (Anggota Tim) melakukan evaluasi di bidang kesekretariatan. Setelah melakukan pembinaan terhadap para Hakim PA Pasangkayu, Ketua Tim kemudian  menyusuri area kantor guna mengamati area pelayanan publik seperti Ruang Mediasi, Ruang Laktasi, dan Ruang Musholla terutama PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Setelah kurang lebih 5 jam melakukan evaluasi menyeluruh, Tim HATIWASDA pun akhirnya menyelesaikan tugas mereka di hari pertama dengan mengumpulkan data-data yang diperlukan guna menyusun rekomendasi terhadap temuan-temuan yang ada di Pengadilan Agama Pasangkayu.

    

Kegiatan di hari kedua pun berlanjut, hujan yang sedari pagi mengguyur Pasangkayu tak menyurutkan semangat kerja Tim Pembina & Pengawas maupun seluruh Pegawai Pengadilan Agama Pasangkayu. Agenda yang dilakukan Tim HATIWASDA kali ini adalah melakukan expose, agenda tersebut bertujuan untuk menyampaikan seluruh temuan yang ada di PA Pasangkayu. Sebelum memulai kegiatan, Tim HATIWASDA sejenak mengabadikan momen-momen kunjungan mereka guna keperluan dokumentasi ditemani oleh para pejabat  Pengadilan Agama Pasangkayu. 

Bertempat di ruang sidang PA Pasangkayu, agenda expose dipimpin langsung oleh Ketua Tim HATIWASDA dan dimoderatori oleh Ketua Pengadilan Agama Pasangkayu Hj. Hidayani Paddengngeng, Lc. M.H., serta diikuti oleh Seluruh Pejabat dan Pegawai Pengadilan Agama Pasangkayu. Dibuka dengan expose hasil temuan dibidang kesekretariatan oleh Muhammad Busyaeri S.H., M.H., beliau memaparkan beberapa temuan di bagian administrasi kesekretariatan. Kemudian dilanjutkan oleh Hartanto, S.H., dibagian kepaniteraan dan pelayanan publik, dan terakhir oleh Drs. Chaeruddin, S.H., M.H. Pada saat melakukan expose hasil temuannya, beliau mengungkapkan bahwa tujuan pembinaan dan pengawasan ini dilakukan tidak dalam konteks untuk mencari-cari kesalahan, akan tetapi substansinya adalah untuk melakukan perbaikan terhadap kekeliruan-kekeliruan yang ditemukan selama dalam pemeriksaan. 

Diakhir acara, Ketua Tim HATIWASDA menyerahkan temuan hasil pembinaan  dan pengawasannya  kepada Ketua Pengadilan Agama Pasangkayu disertai pesan untuk segera ditindaklanjuti. Setelah Ketua Pengadilan Agama Pasangkayu Hj. Hidayani Paddengngeng, Lc., M.H., menerima temuan hasil pengawasan dan pembinaan, beliau menyatakan komitmennya untuk segera menindaklanjuti semua temuan-temuan tersebut dan diaminkan oleh seluruh Pejabat dan Pegawai Pengadilan Agama Pasangkayu.

URL Singkat : https://pta-makassar.go.id/hyw


Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
May 2021
Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua

Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H.

Wakil Ketua

Dr. H. Nurdin Juddah, S.H., M.H.

Panitera

Drs. H. Muhammad Nur, M.H.

Sekretaris

MUH. TAUFIQURRAHMAN ,S.Ag.MH


"Curahkan Tenaga dan Pikiranmu Untuk Meningkatkan
Pelayanan Kepada Para Pencari Keadilan Demi Terwujudnya
Citra Lembaga Peradilan Agama Yang Berwibawa dan Dihormati." - Drs. H. M. Juzmi Hakim, SH.

© 2021 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready