• Banner Hak - Hak Anak
  • Banner Hak - Hak Perempuan
  • Banner MASIGA
  • Banner Assipa V2
  • Banner Buku Tamu Mandiri
  • Banner Inovasi
  • Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner7
  • Banner8
     PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Perkara Eksekusi Lelang Berhasil Didamaikan

Senin, 12 Desember 2022. Bertempat di Lobby utama Pengadilan Agama Parepare, dilakukan negosiasi perkara Kewarisan Nomor Eksekusi 1/Pdt.Eks/2021/PA.Pare jo 565/Pdt.G/2019/PA.Pare jo 149/Pdt.G/2020/PTA.Mks antara kedua belah pihak berperkara :Muh. Amir bin Mamma (Kuasa Para Pemohon Eksekusi) melawan Kurniati binti Arding (Termohon Eksekusi)

 

Setelah menjalani proses penyelesaian perkara yang cukup lama, mulai dari Mediasi, Aanmanning hingga ke tahap Negosiasi bahkan perkara tersebut telah di Eksekusi (Pembagian secara Riil), namun eksekusi tidak dapat dibagi secara riil sehingga perkara dilanjutkan ke tahapan Pelelangan.

Pengadilan Agama Parepare sebagai salah satu lembaga Peradilan telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendamaikan kedua belah pihak tersebut hingga akhirnya kedua belah pihak mencapai titik temu dalam sebuah kesepakatan Perdamaian.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Parepare H. Jamaluddin, S. Ag., SE., M.H didampingi Panitera Staramin, S. Ag., M.H. menerima kedatangan kedua belah pihak berperkara, dalam arahannya H. Jamaluddin, S. Ag., SE., M.H memberikan nasihat kepada kedua belah pihak, yang pada intinya bahwa eksekusi merupakan upaya paksa yang dilakukan Pengadilan terhadap para pihak sesuai dengan Putusan yang telah berkekuatan hukum tetap, namun Pengadilan juga berwenang untuk melakukan langkah-langkah atau upaya-upaya mendamaikan kepada para pihak, salah satunya adalah dengan jalan negosiasi.

Perdamaian tersebut berawal dari surat Permohonan dan Pernyataan yang dibuat oleh Termohon Eksekusi Kurniati binti Arding, yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan  Agama Parepare agar berkenan kembali membuka jalur negosiasi antara kedua belah pihak dengan menawarkan beberapa kesepakatan kepada Pihak Pemohon eksekusi, dan pada saat itu Ketua Pengadilan Agama Parepare,  Hj. Irmawati, S. Ag., SH., M.H. menyambut baik hal tersebut dan menyetujui kembali membuka jalur negosiasi untuk kedua belah pihak dengan harapan agar proses penyelesaian sengketa tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

dan tepat pada hari ini Senin, 12 Desember 2022 kedua belah pihak datang menghadap dihadapan Wakil Ketua dan Panitera dengan menyatakan sepakat untuk berdamai.

Dalam kesepakatan tersebut Termohon eksekusi menawarkan memberikan uang tunai sebesar Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) kepada Pemohon eksekusi dari nilai berupa sebidang tanah SHM No.1286, atas nama Kurniaty. AR (Kurniaty Ardin) Luas 84 M², yang terletak di Jalan Cumi-cumi, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Kesepakatan kedua belah pihak tersebut dituangkan dalam Surat Pernyataan yang ditandatangani diatas materai masing-masing oleh kedua belah pihak, yang selanjutnya oleh Panitera dibuatkan Akta Perdamaian yang ditandatangani oleh Pemohon Eksekusi selaku Pihak Pertama, dan oleh Termohon Eksekusi selaku Pihak Kedua yang disaksikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Parepare dan dua orang saksi.

Keberhasilan negosiasi tersebut, menurut Wakil Ketua Pengadilan Agama Parepare H. Jamaluddin, S. Ag., SE., M.H, semata-mata atas izin Allah yang telah berkenan membukakan hati para pihak untuk menyadari bahwa betapa mulianya menempuh jalan perdamaian dalam menyelesaikan sengketa tersebut. Wakil Ketua juga mendo’akan kepada para pihak yang berperkara, semoga harta warisan yang dibagi secara damai mendapat berkah dari Allah SWT.

Beliau juga menyampaikan bahwa eksekusi merupakan wujud hadirnya peradilan dalam menjamin hak-hak warga negara dan setelah dilaksanakan eksekusi maka eksistensi Peradilan akan lebih terasa dan bermakna, keberhasilan dalam penyelesaian perkara eksekusi ini merupakan hasil usaha keras tim Eksekusi Kepaniteraan yang telah berjalan selama ini  dan dengan keberhasilan perkara eksekusi ini diharapkan akan terus menjadi penyemangat dan motivasi bagi Pengadilan Agama Parepare untuk membantu para pihak berperkara sehingga perkara-perkara yang diajukan para pihak dapat berakhir dengan damai.


Statistik Perkara Banding

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2021
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2022

Agenda Kegiatan

No event in the calendar
Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
February 2023
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua
Dr. Drs. H Muh Abduh Sulaeman, S.H., M.H.
Wakil Ketua
Drs. H. Pandi, S.H., M.H.
Panitera
Drs. Musbir
Sekretaris
Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready