• Pelantikan KPTA 2024
  • Program Prioritas Badilag 2024
  • Banner Hak - Hak Anak
  • Banner Hak - Hak Perempuan
  • Banner MASIGA
  • Banner Assipa V2
  • Banner Buku Tamu Mandiri
  • Banner Inovasi
  • Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner7
  • Banner8
     PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Halal Bilhalal Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dihadiri Oleh Mantan Dirjen BADILAG Dan Warga Pengadilan Tinggi Agama Bandung

Setelah berpuasa sebulan lamanya dan merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, seperti lazimnya tradisi di Indonesia PTA Makassar juga melaksanakan acara halal bilhalal sebagai ajang silaturahmi antara warga PTA Makassar dan Pengadilan Agama Sewilayah PTA Makassar.

Perayaan halal bilhalal pada tanggal 05 Mei 2023 bertempat di Aula lantai II PTA Makassar,  agak berbeda dan spesial  karena dihadiri oleh Mantan Dirjen Badilag  Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. yang telah beralih tugas dan dilantik pada  09 Maret 2023 sebagai Asesor Sumber Daya Manusia Ahli Utama pada Mahkamah Agung RI.

Dr. H. Samparaja, S.H.,M.H. yang tepat tanggal 03 Mei 2023 juga telah memasuki Masa Purnabakti sebagai KPTA Bandung turut hadir pula beserta rombongan warga PTA Bandung yang turut mengantar Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. pulang kampung ke Makassar. Selain itu hadir pula Para Sesepuh dan Purnabakti Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Acara Halal Bilhalal PTA Makassar berlangsung meriah dibuka dengan lantunan tembang Bugis Makassar “Indo Logo”, oleh Pegawai Kesekretariatan sebagai persembahan untuk kedatangan rombongan PTA Bandung dan seluruh yang hadir, dilanjutkan dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran oleh  Ny. Mas'il Iskandar, isteri salah satu Hakim Tinggi PTA Makassar Drs. Iskandar, S.H. dilanjutkan sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Dalam sambutannya KPTA PTA Makassar Dr. Drs. Abduh Sulaeman, S.H., M.H. mengungkapkan rasa bahagianya dengan  kegiatan halal bilhalal kali ini  karena PTA Makassar dapat menghadirkan tokoh-tokoh penting dan berjasa pada Lembaga Peradilan Agama yaitu hadirnya Mantan Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang merupakan  tokoh yang banyak berjasa dalam membuat perubahan besar beberapa tahun terakhir ini pada Lembaga Peradilan Agama sehingga Peradilan Agama bisa eksis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat para pencari keadilan, begitupun para Sesepuh Pengadilan Agama dan Purnabakti Hakim Tinggi PTA Makassar dan terkhusus pula dengan hadirnya Dr. H. Samparaja yang terakhir menjabat KPTA Bandung juga pernah bertugas dan memberikan bakti kepada Pengadilan Tinggi Agama Makassar sebagai Hakim Tinggi.

Diakhir sambutannya KPTA Makassar masih sangat mengharapkan sumbangsih saran dan pengabdian selanjutnya kepada tokoh-tokoh tersebut untuk kelanjutan dan eksistensi kemajuan Pengadilan Agama kedepan.

Hikmah Halal Bilhalal yang merupakan acara inti dari kegiatan ini disampaikan oleh Prof. Dr. H. Kasjim Salenda, S.H., M. Th.I., Guru Besar Universitas Islam Negeri Makassar yang menjelaskan mengenai makna halal bilhalal sebagai salah satu cara membersihkan diri dari dosa dan kekhilafan, terutama dosa dan kekhilafan dengan sesama manusia. Hal ini sejalan dengan petunjuk ajaran Islam agar membangun hubungan yang harmonis dan seimbang dengan Tuhan (habl min Allah) dan dengan sesama manusia (habl min al-naas). 


Statistik Perkara Banding

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2023
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2024

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua
Dr. Drs. Khaeril R, M.H.
Wakil Ketua
Drs. H. Pandi, S.H., M.H.
Panitera
Drs. Musbir
Sekretaris
Dr. Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready