• Dirgahayu RI 78
  • Dirgahayu MA 78
  • Program Kerja Badilag 2023
  • Banner Hak - Hak Anak
  • Banner Hak - Hak Perempuan
  • Banner MASIGA
  • Banner Assipa V2
  • Banner Buku Tamu Mandiri
  • Banner Inovasi
  • Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner7
  • Banner8
     PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

KPTA Makassar Melantik Pejabat Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN

Makassar, 17 Mei 2023 bertempat di Aula Lt 2 Pengadilan Tinggi Agama Makassar Pukul 10.00 wita, KPTA Makassar Dr. Drs. H. Muhammad Abduh Sulaeman, S.H., M.H. melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Pejabat Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Para Pejabat Fungsional dan Struktural, Karyawan dan Karyawati PTA Makassar serta Pejabat yang dilantik Jamaluddin, S.E.  dan A. Maradona, S.HI. 

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan, penandatangan saksi (Aniswaty Hafid, S.Sos., M.M. dan Hj. Husnaeni, S.H.I., M.H.), pembacaan doa (Drs. Abdul Rahim), dan sambutan Ketua.
Pada awal sambutannya, Ketua menyampaikan selamat kepada Jamaluddin, S.E  dan A. Maradona, S.H.I. atas jabatan baru yang diberikan oleh negara untuk selanjutnya dilaksanakan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. Ketua selanjutnya menyampaikan bahwa jabatan adalah sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada pemberi amanah terlebih kepada Allah swt. Agar tanggung jawab bisa berjalan dengan baik, maka pejabat harus memahami tupoksinya sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
Ketua juga menyampaikan bahwa Analis Pengeloaan APBN merupakan Jabatan Fungsional yang didasarkan pada sebuah keahlian sehingga pejabat fungsional harus bekerja secara profesional berdasarkan keahlian yang nantinya akan melaksanakan tugas-tugas diantaranya:
1.    Tugas yang berkaitan dengan analis terhadap penyelesaian pelunasan tagihan yang biasa menjadi kewenangan pejabat pembuat komitmen
2.    Melakukan analis terhadap perintah pembayaran
3.    Melakukan analis terhadap laporan keuangan.
Tugas-tugas tersebut merupakan sebuah kebutuhan institusi yang melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dan biaya yang digunakan merupakan biaya yang melalui anggaran pendapatan belanja negara yang harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
Ketua menyampaikan bahwa kehadiran pejabat Analis Pengeloaan APBN dalam lingkup Pengadilan Tinggi Agama Makassar menambah kekuatan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kekhilafan pengelolaan keuangan. 
Kenaikan pangkat fungsional Analis Pengeloaan APBN didasarkan dengan angka kredit yang berdasarkan penilaian kinerja dalam unsur utama dan unsur penunjang. Oleh karena itu diharapkan agar dapat bekerja dengan baik dan selalu berusaha semaksimal mungkin terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan terkait pemenuhan unsur utama dan penunjang. Regulasi yang sudah ditetapkan akan menjadi acuan dalam melaksanakan aktivitas telah terperinci secara jelas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan unsur utama dan unsur penunjang.
Kepada bapak ibu Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Makassar agar dapat melaksanakan tugas dengan baik meskipun berbeda peran, tugas, dan tanggung jawab tetapi semua mengarah kepada tujuan yang sama. Koordinasi dan kerjasama sangat diperlukan secara bersama dalam melakukan pengawasan, pembinaan, dan pengarahan meskipun tupoksi sudah jelas tetapi dalam pelaksanaan tugas-tugas sehari-hari tidak terlepas dari masalah yang dihadapi. 
Ketua menyampaikan bahwa kita bekerja bukan dalam dunia yang hampa tetapi dalam dunia yang penuh dinamis yang selalu berkembang. Jika terdapat persoalan, kita harus berkoordinasi dan bekerja secara bersama-sama.
Di akhir sambutannya, Ketua meyampaikan kembali selamat kepada pejabat yang baru saja diambil sumpahnya. Disampaikan pula agar Jabatan dijadikan sarana untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara sekaligus sebagai media untuk mengabdikan diri kepada Allah swt bukan sebaliknya menggunakan jabatan yang dapat menjadikan diri durhaka kepada Allah swt. Pemahaman dan integritas diperlukan agar dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan oleh Allah swt dalam menjalankan pengabdian kepada negara. Ketua juga menyampaikan terima kasih kepada para pelaksana yang sudah melakukan persiapan-persiapan sehingga acara pelantikan dan pengambilan sumpah berjalan dengan baik. Kepada para undangan, juga diucapkan terima kasih atas kehadirannya. (em)   


Statistik Perkara Banding

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2023
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2024

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua
Dr. Drs. H Muh Abduh Sulaeman, S.H., M.H.
Wakil Ketua
Drs. H. Pandi, S.H., M.H.
Panitera
Drs. Musbir
Sekretaris
Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready