• Dirgahayu RI 78
  • Dirgahayu MA 78
  • Program Kerja Badilag 2023
  • Banner Hak - Hak Anak
  • Banner Hak - Hak Perempuan
  • Banner MASIGA
  • Banner Assipa V2
  • Banner Buku Tamu Mandiri
  • Banner Inovasi
  • Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner7
  • Banner8
     PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Pejabat Fungsional Dan PPPK PTA Makassar

Bertempat di Aula Kantor Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H., melantik 2 (dua) Pejabat Fungsional Analis Sumber Daya Manusia Aparatur dan 2 (dua) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ditempatkan pada Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 2062/SEK/SK.KP4.1.3/X/2023 Tentang Pengangkatan Melalui Perpindahan Dari Jabatan Lain Ke Dalam Jabatan Fungsional Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, dan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 2139/SEK/SK.KPI.2.7/XI/2023 dan Nomor: 2141/SEK/SK.KPI.2.7/XI/2023 Tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Adapun Pejabat Fungsional yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu Nur Rahma Baharuddin, S.SI., (Pejabat Fungsional Analis Sumber Daya Manusia Aparatur), Syahruni Syamsu Umar, S.H., (Pejabat Fungsional Analis Sumber Daya Manusia Aparatur), Ahmad Ridha, S.E., (PPPK Arsiparis Ahli Pertama), Satriani Har, S,M., (PPPK Perencana Ahli Pertama).

Acara dihadiri oleh Wakil Ketua PTA Makassar, Hakim Tinggi PTA Makassar, Panitera PTA Makassar, Sekretaris PTA Makassar, Pejabat Kepaniteraan, Kesekretariatan dan Fungsional PTA Makassar, Pelaksana PTA Makassar, serta PPNPN PTA Makassar.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dilanjutkan dengan Pembacaan Doa oleh Jamaluddin, S.E., Analis Pengelola Keuangan APBN PTA Makassar, selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI oleh Verry Setya Widyatama, S.Kom., Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan TI PTA Makassar. Acara dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan, dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Mengawali sambutannya Beliau mengucapkan selamat kepada Bapak Ibu yang baru saja dilantik sebagai Pejabat Fungsional dan Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dimana pelantikan ini akan memberikan dampak yang sangat besar dalam pelaksanaan tugas-tugas keseharian di Pengadilan Tinggi Agama Makassar, apalagi yang dilantik pada hari ini adalah Pejabat Fungsional yang diangkat berdasarkan keahlian yang berkaitan dengan sumber daya manusia yang tentu saja Pejabat Fungsional ini akan bekerja berdasarkan keahliannya.  

“Ada beberapa hal yang harus dipahami khususnya pada Pejabat Fungsional yang dilantik hari ini bahwa tugas sebagai Pejabat Fungsional yaitu, merumuskan, melakukan analisis, melakukan evaluasi pengembangan, kemudian asistensi dan perumusan kebijakan-kebijakan, yang tentu saja berkaitan dengan sumber daya manusia aparatur, oleh karena itu tentu kehadirannya dalam jabatan ini akan mengurangi beban kerja bagi Bapak Ibu di Pengadilan Tinggi Agama Makassar khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia”. Ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua PTA Makassar dalam sambutannya menyampaikan, pada kesempatan ini juga ada Pelantikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang pertama kalinya PTA Makassar mendapat Aparatur Peradilan yang berstatus sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau yang lebih populer dikenal dengan PPPK, yang meskipun kelihatannya berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bahkan mungkin bisa berada di bawah PNS karena ada perjanjian yang didasarkan pada suatu waktu tertentu tetapi sebenarnya pengangkatan PPPK adalah pengangkatan berdasarkan keahlian.

Menurutnya, hal ini dapat diartikan bahwa ada sesuatu pekerjaan yang diperlukan di Pengadilan Tinggi Agama Makassar yang perlu ditangani oleh ahli tertentu pada bagian arsiparis dan pada bagian perencanaan sesuai dengan penempatan kedua PPPK yang ditempatkan di PTA Makassar. 

Oleh karena itu melalui sambuntannya Ketua PTA Makassar berharap kepada Pejabat Fungsional dan PPPK yang telah dilantik agar dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian sehingga benar-benar dengan kehadiran Pejabat Fungsional dan PPPK yang baru dilantik di Pengadilan Tinggi Agama Makassar ini bisa membawa sebuah sumber energi yang ada pengaruhnya di dalam menekan beban kerja Aparatur di Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Diakhir sambutannya Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir pada acara pelantikan ini dan juga kepada Bapak Ibu pelaksana pelantikan yang telah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh sehingga acara pada hari ini bisa terlaksana dengan baik.

Setelah sambutan Ketua acara ditutup yang kemudian dilanjutkan dengan poto bersama.


Statistik Perkara Banding

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2023
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2024

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua
Dr. Drs. H Muh Abduh Sulaeman, S.H., M.H.
Wakil Ketua
Drs. H. Pandi, S.H., M.H.
Panitera
Drs. Musbir
Sekretaris
Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready