• Dirgahayu RI 78
  • Dirgahayu MA 78
  • Program Kerja Badilag 2023
  • Banner Hak - Hak Anak
  • Banner Hak - Hak Perempuan
  • Banner MASIGA
  • Banner Assipa V2
  • Banner Buku Tamu Mandiri
  • Banner Inovasi
  • Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner7
  • Banner8
     PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

PTA Makassar Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M dan Buka Puasa Bersama

KELUARGA besar Pengadilan Tinggi Agama Makassar menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M dan Buka Puasa Bersama di Aula lantai II gedung Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Kamis (28/3/2024). Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa khatam, bertempat di Mushollah Al Mahkamah PTA Makassar oleh Hakim Tinggi Drs. Iskandar, S.H. yang menandakan bahwa kegiatan baca Alquran berkelompok yang diikuti oleh seluruh pimpinan dan pegawai seperti Ramadhan-ramadhan sebelumnya yang diadakan sejak awal Ramadhan telah selesai dilaksanakan.

Acara peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M dan Buka Puasa Bersama ini dihadiri Ketua dan Wakil Ketua PTA Makassar, para Hakim Tinggi, Hakim Yustisial, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sewilayah PTA Makassar, serta Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Staf, tenaga PPNPN dan tenaga Sukarela PTA Makassar.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dr. Drs. H. Abduh Sulaeman, S.H., M.H. Dalam sambutannya Ketua memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Panitia atas terselenggaranya acara peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M dan Buka Puasa Bersama ini “Selain menjadi wadah silahturahmi antar keluarga besar PTA Makassar, acara peringatan Nuzulul Quran ini diharapkan menjadi momentum penguatan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan menjadi inspirasi untuk semakin mencintai Nabi Muhammad SAW, serta menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari terutama tugas-tugas sebagai Aparatur Sipil Negara” ujarnya.

Setelah mendengarkan sambutan Ketua PTA Makassar, acara puncak peringatan Nuzulul Quran diisi dengan Ceramah Agama yang disampaikan oleh Hakim Tinggi Drs.H. Mukhtar, S.H., M.H. Di awal tausiyahnya Beliau mengajak kepada semua yang hadir untuk selalu mengucap syukur dengan senantiasa melafazkan “Alhamdulillahi Rabbil Alamin” yang diiringi dengan Shalawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW dengan banyak-banyak melafazkan “Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa alaa aali sayyidinaa Muhammad”.

Selanjutnya  Beliau menjelaskan Nuzulul Quran adalah merupakan sebuah peristiwa bersejarah yang mengingatkan kita akan turunnya wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia dan itu berlangsung hanya 1 (satu) kali saja, namun Malaikat Jibril menyampaikan kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur (Munajjama) sesuai dengan kebutuhan Nabi Muhammad yang menurut riwayat berlangsung selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Dalam kitab Imam Syafii dijelaskan bahwa Alquran itu hurufnya 1.070.000 huruf.

Peristiwa ini terjadi di bulan Ramadhan dan dikenal sebagai Lailatul Qadar, suatu momentum yang menjadi titik awal perjalanan Nabi Muhammad SAW sebagai penyampai wahyu Allah SWT kepada umat manusia,” ujarnya, seraya menjelaskan bahwa peristiwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa yang sangat dahsyat dan patut menjadi renungan bagi seluruh umat Islam.

Drs.H. Mukhtar, S.H., M.H. dalam ceramahnya salah satunya juga menjelaskan tentang sejumlah keutamaan membaca Alquran menurut Ibnu Katsir dalam kitabnya menjelaskan “Bahwa siapa membaca alquran dan mengamalkan 2 amalan yaitu mendirikan sholat dan membelanjakan hartanya dijalan Allah tidak akan mati sebelum Allah menambahkan rezekinya”. “Malam Nuzulul Quran adalah malam yang penuh berkah. Orang yang membaca, mengamalkan dan menghidupkan Al Quran di malam Nuzulul Quran akan mendapat ampunan dosa dari Allah SWT,” ujarnya, seraya mengajak seluruh warga PTA Makassar untuk senantiasa menjadikan Al Quran sebagai pedoman dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Acara peringatan Nuzulul Quran ini tutup dengan acara Berbuka Puasa Bersama dan sholat magrib secara berjamaah dengan warga PTA Makassar. (WATY)


Statistik Perkara Banding

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2023
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2024

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua
Dr. Drs. H Muh Abduh Sulaeman, S.H., M.H.
Wakil Ketua
Drs. H. Pandi, S.H., M.H.
Panitera
Drs. Musbir
Sekretaris
Dr. Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready