• Pelantikan KPTA 2024
  • Program Prioritas Badilag 2024
  • Banner Hak - Hak Anak
  • Banner Hak - Hak Perempuan
  • Banner MASIGA
  • Banner Assipa V2
  • Banner Buku Tamu Mandiri
  • Banner Inovasi
  • Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner7
  • Banner8
     PERHATIAN : Hati-Hati Terhadap Tindakan Penipuan Yang Mengatasnamakan Pimpinan, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Makassar Terkait Dengan Perkara, Janji Mutasi dan Promosi dengan Permintaan Imbalan Sejumlah Uang.

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-95 TAHUN 2023


Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Makassar Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H., Memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023. Pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda dilaksanakan di halaman Kantor PTA Makassar pada hari Sabtu 28 Oktober 2023 yang diikuti oleh Wakil Ketua PTA Makassar, Para Hakim Tinggi PTA Makassar, Panitera PTA Makassar, Sekretaris PTA Makassar, para Pejabat Fungsional dan Struktural PTA Makassar, Para Panitera Pengganti PTA Makassar, Para Pelaksana PTA Makassar, serta seluruh Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) PTA Makassar.

Upcara Peringatan Hari Sumpah Pemuda berjalan dengan khidmat yang diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi lagu Kebangsan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara, Pembacaan Teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 oleh Nailah Yahyah, S.Ag., M.Ag., Kasubag Keuangan dan Pelaporan PTA Makassar, Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia oleh Nur Azizah Zainal, S.E., Kasubag Rencana dan Program PTA Makassar, menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”, serta Sambutan tertulis dari Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H., yang bertindak sebagai Pembina Upacara.

Dalam Sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI menyampaikan bahwa Momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royonng seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan yaitu Bertumpah Darah Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, dan Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia. Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-95 Tahun 2023 mengusung Tema “Bersama Majukan Indonesia”, dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pemuda-pemudi Indonesia mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan Nasional karena optimisme kolektif telah terbangun dari inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi. Telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Oleh karena itu kepada pemuda-pemudi Indonesia diharapkan untuk terus melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan Makmur. Kepada setiap pemuda, perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sector. Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah Undang-undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

Diakhir sambutannya, mengajak untuk mencanangkan kebulatan tekad kepada semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain, agar implementasi koordinasi lintas sector tersebut lebih efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), dan menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan Negeri dengan harapan Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan menyayikan lagu “Bangun Pemuda Pemudi” dan Pembacaan Doa yang dipimpin oleh Jamaluddin, S.E., Analis Pengelolaan Keuangan APBN PTA Makassar. Upacara selesai dan diakhiri dengan poto bersama seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Makassar.


Statistik Perkara Banding

  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2023
  • Jumlah Perkara Banding Yang Diterima Pada Tahun 2024

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Pimpinan serta Kegiatan Pada PTA Makassar
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pimpinan, Panitera & Sekretaris

Ketua
Dr. Drs. Khaeril R, M.H.
Wakil Ketua
Drs. H. Pandi, S.H., M.H.
Panitera
Drs. Musbir
Sekretaris
Dr. Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H.

© 2022 Pengadilan Tinggi Agama Makassar. All Rights Reserved.

ipv6 ready